Malware Serang Pengguna Android Di Jepang

Kini, Malware serang pengguna Android di Jepang. Sudah tak tanggung-tanggung lagi, Serangan malware kini kian semakin gencar. Para pengguna Android di Jepang pun mulai merasakan kerugian. Menurut data dari Kaspersky pada awal April, sebuah malware Android jenis baru ditemukan di Jepang. Sayangnya dalam kejadian di Jepang ini hampir 30 aplikasi berbahaya itu tersedia di Google Play dan setidaknya 70 ribu pengguna telah mengunduh satu dari 30 aplikasi tersebut.

Malware Android

Malware Android jenis ini bisa terkoneksi ke server yang jauh. Jika koneksi terjadi, malware tersebut akan mengunduh video file MP4. Kaspersky Mobile Security mendeteksinya sebagai Trojan.AndroidOS.FakeTimer. Malware pada Android tersebut juga mampu mencuri informasi rahasia dari peralatan yang terinfeksi, termasuk nama kontak, alamat email dan nomor telpon orang-orang yang ada pada Android yang terinfeksi dan mengunggah data tersebut ke server jarak jauh.

Malware serang pengguna Android

Selain itu, Kaspersky juga melaporkan adanya dua kegiatan spam yang menggunakan Blackhole Exploit Kit untuk meng-instal malware tersebut. Kejadian pertama Malware Android ditemukan di Twitter, dimana lebih dari 500 akun terinfeksi Malware para pengguna Android. Kegiatan spam ini mengirim tautan kepada pengguna twitter yang mengarahkan mereka ke situs-situs berbahaya yang memiliki Blackhole Exploit Kit. Situs-situs tersebut meng-instal scareware ke dalam komputer dalam bentuk notifikasi anti-virus palsu, yang menyuruh pengguna komputer untuk memindai sistem mereka untuk mencari infeksi.

Kejadian kedua Malware Android ditemukan pada email phishing yang dimulai pada akhir Maret dimana orang-orang menerima email palsu US Airways. Para penjahat dunia maya mengirim email phishing sebagai usaha menipu orang-orang agar mengklik tautan yang ada pada email yang dikirim. Tautan tersebut menawarkan "detail reservasi online", termasuk pilihan check-in penerbangan dengan US Airways. Sehingga para pengguna Android secara tidak berpikir panjang akan meng-klik tautan Malware tersebut.

Jika tautan tersebut diklik, para pengguna Android akan diarahkan ke laman palsu berisi Blackhole Exploit Kit yang berisi banking malware. Banking malware akan meng-instal sendiri ke dalam komputer dan mencuri data rahasia online banking pengguna. Pesan spam ini dikirim secara massal sementara para penjahat kriminal menunggu adanya orang yang akan mem-booking penerbangan dengan US Airways, dan mengarahkan mereka untuk mengklik tautan pada email yang dikirim.
Total 1795 people found the following post helpful:
Malware Serang Pengguna Android Di Jepang
with Average Rating 5.3 / 7