LG Electronics Indonesia Ramaikan Pasar Commercial Display

LG Electronics Indonesia Ramaikan Pasar Commercial Display akan hadir di tahun mendatang. PT. LG Electronics Indonesia secara resmi mengumumkan koleksi produk commercial display-nya untuk meramaikan kompetisi tahun 2012 di Indonesia. Berbagai produk inovatif disiapkan khusus perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini untuk memantapkan posisi pada pasar commercial display di Indonesia. "Saat ini LG memimpin pasar dalam bisnis commercial display. Menjadi yang terdepan merupakan tanggung jawab LG untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk-produk inovatif," ujar Se Jin Park, Direktur Pemasaran Commercial Display & Solution – PT LG Electronics Indonesia.


Berdasarkan data IHS iSuppli sebagai sebuah lembaga riset pasar independen kelas global, PT. LG Electronics Indonesia menduduki peringkat pertama dalam bisnis commercial display di Indonesia. Kinerja baik perusahaan dengan raihan 53% pangsa pasar produk commercial display sepanjang 2011 di Indonesia, mengantarnya menjadi pemuncak dalam kategori bisnis ini.

Kategori commercial display merupakan penyebutan rangkaian produk elektronik yang berfungsi sebagai media penampil (display) khusus diperuntukkan mendukung kegiatan bagi konsumen kategori pemilik usaha (commercial). Termasuk dalam lini produk tersebut di antaranya commercial LCD/LED TV, commercial monitor dan video conference system. Keberadaan produk ini biasa ditemui sebagai media penampil elektronik di tempat hiburan atau wisata, rumah sakit, kantor, restoran maupun ruang publik lain. Menurut data dari IHS iSuppli, kategori produk commercial display di Indonesia memiliki tingkat permintaan sebesar US$ 36 juta untuk tahun 2011.

Memiliki visi besar memantapkan posisinya sebagai pemimpin dalam industri commercial display di Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia pun menetapkan target pertumbuhan 10% pada tahun 2012 berbanding dengan penguasaan pangsa pasarnya di tahun 2011. "Dengan rangkaian produk commercial display yang inovatif, kami optimis akan mencapai target ini," ujar Se Jin Park lagi.

Commercial TV

1. LG Commercial Plus TV

Pernyataan ini tidak berlebihan bila menilik lebih dalam inovasi yang ditanamkan LG pada masing-masing lini produk tersebut. Dari jajaran commercial LCD/LED TV misalnya, LG telah menyiapkan produk LCD/LED TV yang diperuntukkan khusus menjawab kebutuhan para pelaku usaha. Pertama yaitu LG Commercial Plus. Di samping hadir dengan spesifikasi terkini semacam kualitas gambar full HD, kelengkapan sambungan HDMI dan USB serta external speaker out, LG Commercial Plus TV didukung penuh dua fitur unik dari LG yaitu Hotel Mode dan Welcome Screen.

Keberadaan fitur Hotel Mode memungkinkan pelaku usaha untuk mengkustomisasi kerja LG Commercial Plus TV sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Kustomisasi ini terkait dengan pengaturan susunan kanal (channel) siaran TV yang diinginkan, metode input dan bahkan hingga penetapan besarnya keluaran audio maksimal yang diinginkan. Semua pengaturan ini dilindungi password khusus yang menjaganya dari kemungkinan pihak lain untuk menggantinya.

Selain itu, fitur Welcome Screen hadir sebagai sebuah inovasi LG yang bekerja mengubah tampilan pertama layar TV saat dinyalakan berisikan materi logo dan atau pesan informasi dari pelaku usaha. Caranya cukup dengan mengkreasi materi pesan yang diinginkan melalui bantuan perangkat komputer, menyimpannya dalam USB Flashdisk, untuk kemudian memindahkan salinan tersebut pada unit LG Commercial TV.

Uniknya, pelaku usaha dapat mengubahnya sewaktu-waktu secara mandiri seperti halnya mengganti tampilan layar pembuka pada layar monitor. "Inovasi ini tidak akan ditemui pada merek lain. Membuka kemungkinan lebih besar pada pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan jasanya melalui LG Commercial Plus TV. Sangat sesuai bagi pelaku usaha di bidang jasa seperti perhotelan atau rumah sakit," ujar Se Jin Park pula.

Pelaku usaha pun dapat dengan mudah untuk melakukan pengaturan yang sama bagi kedua fitur, Hotel Mode dan Welcome Screen, untuk seluruh LG Commercial Plus TV miliknya. Hal ini dimungkinkan melalui kerja fitur pendukung bertajuk TV Link Loader. Caranya pun mudah, cukup menyimpan salinan pengaturan yang telah dilakukan dari sebuah unit LG Commercial Plus TV untuk kemudian memindahkan salinan yang sama pada TV lainnya melalui perangkat USB flashdisk.

2. LG Interactive TV

Hadir dengan keunggulan setingkat di atasnya adalah LG Interactive TV. Di samping membawa serta keunggulan LG Commercial Plus TV, perangkat TV khusus yang dikembangkan khusus bagi dunia usaha ini memiliki kelebihan pada Internet Protocol TV (IP TV) System Support. Kelebihan tersebut memungkinkannya untuk bertindak sebagai penerima siaran TV berbasis internet.

3. LG ProCentric TV

Bila keoptimalan TV yang sekaligus menjadi media komunikasi pelaku bisnis bagi jasa dan produknya, LG menyiapkan LG ProCentric TV. Perangkat TV ini membawa keunggulan yang terdapat pada LG Commercial Plus TV dan LG Interactive TV. Menambahkan keunggulannya, LG ProCentric TV memiliki kemampuan menampilkan pesan lebih beragam dan interaktif. Seperti informasi fasilitas hotel, tujuan wisata lokal, jadwal penerbangan bahkan kurs mata uang dalam beberapa pilihan bahasa.

Hal ini karena ketersediaan perangkat lunak khusus yaitu LG Procentric admin. Melalui Procentric admin pula, pemilik usaha melakukan pembaruan (update) konten pada seluruh LG ProCentric TV miliknya melalui kendali server terpusat. Hebatnya, kerja server melakukan pembaruan konten ini tidak membebani pelaku usaha dengan kewajiban membangun jaringan khusus.

Pasalnya, seluruh pengaturan dan pembaruan konten dikirim melalui jaringan sambungan kabel antena yang terhubung pada setiap unit LG ProCentric TV. "Tanpa adanya server dengan jaringan khusus, artinya penghematan biaya pada pembangunan jaringan dan pemeliharaannya. Inilah keunggulan inovasi kami pada LG ProCentric TV," ujar Se Jin Park.

Commercial Monitor


Sementara dari jajaran commercial monitor, LG telah menyiapkan LG Multi-Vision, LG Super Sign dan LG EZ Sign TV yang akan menjadi andalannya. Ketiga produk ini hadir dalam tujuan sama untuk memaksimalkan penyampaian informasi bisnis dari pelaku usaha.

1. LG Multi-Vision

Para penggunaan panel LED pada LG Multi-Vision menjadikan perangkat media penampil ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding kompetitor lain yang masih menerapkan panel LCD untuk kategori sejenis. Belum lagi bila melihat teknologi layar IPS panel yang memberinya keluasan sudut pandang hingga mencapai 178 derajat tanpa adanya penurunan kualitas warna atau pemudaran meskipun pada penempatan dengan lingkungan pencahayaan sangat terang.

Keluasan pada sudut pandang membuat pesan komersial pelaku bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial dengan baik. "Bayangkan pada penempatan di etalase sebuah toko atau ruang publik dengan banyak orang lalu-lalang di sekitarnya. Dengan teknologi IPS panel, LG Multi-Vision akan tetap dapat menjadi media penampil pesan komersial yang baik," ujar Se Jin Park lagi.

Namun, hal tersebut bukanlah seluruh keunggulan LG Multi-Vision. Memiliki bodi langsing dengan ketebalan 91mm dan lebar bingkai (bezel) hanya 6.3mm, memungkinkan pelaku usaha untuk menyusun sejumlah unit LG Multi-Vision demi menghadirkan gambar dan pesan komersial dalam tampilan lebih besar. Untuk keunggulannya ini, LG Multi-Vision dapat tersusun hingga mencapai matrix 15x15 unit.

Para pengguna tidak usah gusar mengenai kebutuhan asupan daya listrik. Untuk setiap satu perangkat LG Multi-Vision hanya memerlukan konsumsi listrik 220 Watt. Apalagi, LG menjamin perangkat ini sangat ramah lingkungan karena bebas dari merkuri dan zat berbahaya lainnya. Berpadu dengan durabilitas tinggi yang mendukung pengoperasian tanpa henti sepanjang 24jam/7hari, membuat perangkat ini sangat cocok sebagai media penunjang penyampaian pesan komersial.

2. LG SuperSign

Khusus untuk menunjang kemampuan LG Multi-Vision dalam membentuk matrix ini, LG menyiapkan dukungan kerja dari perangkat lunak LG SuperSign. Berbentuk fisik sebagai media pemutar yang mendukung resolusi tinggi (High Definition) dengan seri NC1000, perangkat lunak LG SuperSign bertugas memastikan gambar dan pesan yang tersaji pada susunan matrix tersebut berjalan dengan tanpa gangguan.

Tak hanya itu saja, adanya koneksi internet pada perangkat lunak LG SuperSign memberikan peluang bagi pelaku usaha melakukan perubahan (edit & update) materi pesan komersial yang ditayangkan secara realtime. "Tantangan dunia usaha pada lingkungan yang dinamis ada pada kemampuan pelaku usaha menyampaikan pesan dari jasa atau produknya secara cepat dengan tetap mengikuti perubahan situasi dan kondisi sesuai kebutuhan konsumen potensialnya. Kehadiran LG SuperSign menjadi jawaban akan kebutuhan ini," ujar Se Jin Park.

3. LG EzSign TV

Hadir berikutnya masih dalam kategori commercial monitor adalah LG EzSign TV. Berwujud perangkat dengan konsep produk unik yang menggabungkan antara digital signage dan TV. Sebagai perangkat TV, LG EzSign TV dapat menangkap siaran TV melalui sambungan kabel maupun antena. Kelebihannya, pelaku usaha dapat menyematkan pesan komersial pada bagian tertentu layar yang akan tertayang bersamaan dengan konsumen menikmati siaran TV.

Hal ini memberi keuntungan lebih bagi pelaku usaha karena pesan komersial yang disampaikan tidak hanya dapat langsung ditangkap mata konsumen, namun juga hadir dengan metode lebih menarik dalam durasi yang cukup untuk menangkap isi pesan yang ingin disampaikan. "Sembari konsumen menikmati hiburan melalui siaran TV, mereka juga akan terpapar dengan pesan komersial dari pelaku usaha. Inilah keunggulan konsep produk LG EzSign TV," ujar Se Jin Park.

Pemilik pun tak terbeban lagi dengan biaya tambahan untuk pembelian perangkat tambahan lain seperti media pemutar. Sebagai gantinya, LG melengkapi LG EzSign TV dengan perangkat lunak khusus yang memberi kemudahan dan kecepatan kustomisasi untuk pengaturan pesan komersial yang ingin disematkan. Cukup butuh empat langkah mudah dalam kisaran waktu hanya tiga menit melalui perangkat komputer untuk melakukan kustomisasi tersebut.

Pertama, pemilik cukup memilih pola tata letak tampilan (template) dari beberapa pilihan pola yang telah tersedia. Berlanjut dengan memilih gambar pesan komersial yang telah disimpan sebelumnya dalam berkas digital. Gambar yang dipilih tinggal diletakkan mengisi pola tata letak tampilan tadi. Caranya cukup dengan menggeser dan menaruhnya (drag & drop) pada tempat yang diinginkan.

Langkah berikut, tinggal mengetikkan pesan tambahan yang ingin disampaikan sebagai pelengkap gambar tadi. Setelah semuanya jadi, yang diperlukan tinggal menyimpannya dalam perangkat USB flashdisk untuk kemudian melakukan penyalinan (copy) dengan mencolokkannya pada LG EzSign TV. "Dengan tawaran kemudahan dan kecepatan ini, LG EzSign TV hadir sebagai mitra sesuai yang siap mendukung pelaku usaha dalam menyampaikan pesan usahanya," kata Se Jin Park.

Video Conference System

Tak kalah inovatif dengan dua kategori lain, LG pun menyiapkan jajaran perangkat Video Conference System. Terdapat tiga jenis LG video conference system yang diperkenalkan LG dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya; baik kegunaan pada ruang pertemuan besar dengan kisaran 30 orang, pertemuan menengah dalam kisaran 10 orang maupun yang minimalis untuk memenuhi kebutuhan seorang manajer terhubung dengan beberapa stafnya bagi pertemuan kecil.

Keistimewaan dalam perangkat LG Video Conference System ini salah satunya ada pada kemampuan menampilkan gambar dalam resolusi tinggi (High Definition) dan suara baik meski berjalan dalam koneksi internet tak stabil. Hal ini karena inovasi LG Video Conference System membuatnya mampu berjalan dalam bandwith kecil yaitu 512kbps atau setara dengan setengah dari kebutuhan bandwith dari perangkat sejenis di pasar untuk melakukan hal yang sama.

Tak hanya itu, LG Video Conference System juga melengkapi superioritasnya dengan fitur dual streaming. Kemampuan ini membuatnya dapat mengirim dan menampilkan data presentasi secara bersamaan dengan tetap menampilkan peserta pertemuan. "Kualitas gambar dan suara yang baik, kemampuan berjalan dalam koneksi internet tak stabil dan fitur dual streaming mampu membuat kesan seolah seluruh peserta pertemuan berada dalam satu lokasi sama. Selain pula tentunya efisiensi dalam biaya," ujar Se Jin Park lagi.
Total 1795 people found the following post helpful:
LG Electronics Indonesia Ramaikan Pasar Commercial Display
with Average Rating 5.3 / 7