Pemerintah Lakukan Persiapan untuk Dialog di Papua

Pemerintah Lakukan Persiapan untuk Dialog di Papua. Para Staf khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah Velix Wanggai mengatakan pemerintah saat ini sedang memetakan kelompok-kelompok di Papua. Dengan demikian komunikasi konstruktif yang tertuang dalam dialog menjadi efektif.

"Papua ini kan bukan sebuah organisasi yang tunggal seperti di Aceh, sehingga perlu ada pemetaan. Membentuk sebuah forum dialog konstruktif kan perlu waktu," ujar Velix saat ditemui di Warung Daun, Jakarta, Senin (14/11).

Velix menjelaskan, pemerintah mentargetkan pada 2012 rencana aksi untuk menyelesaikan persoalan Papua akan tercapai, meski perlu bekerja keras. "Mudah-mudahan target 3 bulan kedepan ada yang tercapai. Target jangka sangat pendek yang harus terwujud dalam 2012," tegas Velix.

Ia menegaskan, hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kapan akan menggelar dialog Jakarta-Papua. Namun demikian, lanjut Velix, pemerintah akan mengupayakan secepat mungkin. "Belum diputuskan. Mudah-mudahan dalam action plan jangka pendek ya," tandasnya.

Lebih lanjut, Velix mengatakan pemerintah menghormati rekomendasi lima perwakilan rakyat Papua yang sebelumnya diajukan sebagai perwakilan dalam dialog Jakarta-Papua. Namun, kelima juru runding belum menjadi arahan atau permintaan dari pemerintah.

"Itukan inisiatif dari saudara-saudara kita di Papua. Kita hormati itu. Tapi kan itu belum jadi permintaan dari pemerintah," imbuh Velix.(AIS)
Total 1795 people found the following post helpful:
Pemerintah Lakukan Persiapan untuk Dialog di Papua
with Average Rating 5.3 / 7