Penyebab Banjir di Jakarta


Lagi-lagi, Banjir melanda di Ibukota Jakarta. Penyempitan kali dituding sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya banjir di Jakarta. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pemprov DKI Jakarta, Ery Basworo, saat dihubungi.

Banjir di Jakarta

Menurut Ery, banjir yang melanda sebagian wilayah di Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur, diakibatkan area tangkapan (catchment area) sungai di tiga wilayah tersebut sudah semakin sempit. Rata-rata lebar semua kali di Jakarta hanya lima meter, padahal area tangkapan ideal 20 meter.

''Seperti Kali Krukut. Lebar eksisting sebenarnya 10 meter, tapi di banyak titik hanya selebar lima meter,'' ujarnya.

Banjir di Ibukota DKI Jakarta

Penyebab utama penyempitan kali-kali di Jakarta, lanjutnya, karena banyak bertumbuhan bangunan di kiri dan kanan pinggiran kali. ''Kali-kali akan meluap karena aliran air terhambat, diperparah lagi banyaknya tumpukan sampah yang mempersempit aliran air. Pastinya mengurangi daya tampung kali,'' terang Ery.

Hingga saat ini, ungkap Ery, banjir masih melanda di beberapa wilayah DKI Jakarta. Daerah rawan banjir di jakarta diantaranya daerah di kawasan Pondok Labu, Lebak Bulus, Pesanggrahan, Kemang, Jalan Ciledug Raya, Kampung Melayu, Jatinegara, dan Kebonjeruk dengan rata-rata ketinggian antara satu sampai dua meter.
Total 1795 people found the following post helpful:
Penyebab Banjir di Jakarta
with Average Rating 5.3 / 7